Kamis, 03 Maret 2011

Pilem Edukasi - I am Not Stupid Too


Kacang ora ninggal lanjaran. Buah jatuh tidak akan jauh dari pohonnya. Cocok gak ya peribahasanya? Yang jelas, yang saya maksud di sini adalah bahwa sikap anak itu tidak akan jauh dari orang tuanya. Apa yang dilakukan seorang anak itu tidak lepas dari sikap orang tua sehari-hari. Ketika seorang anak melakukan kesalahan, harusnya jangan hanya menyalahkan anak-anaknya, tapi perlu dilihat juga bagaimana mereka memperlakukan anak-anaknya sehari-hari. Yap, film ini menceritakan kesalahan para orang tua dalam mendidik anak-anaknya. Begini cerita singkatnya.

Dikisahkan dua kelurga: Jerry, kakaknya yang bernama Tom, dan Ayah Ibunya; serta Chengchai (teman) Tom dan ayahnya. Ayah dan Ibu Jerry selalu tidak puas dengan apa yang telah diraih oleh Jerry maupun Tom. Mereka juga tidak pernah punya waktu untuk menyempatkan diri berkomunikasi dengan Jerry dan Tom. Sedangkan ayah Chengchai terlalu dingin, kaku dan kasar dengan Chengchai serta tidak pernah menghargai keinginannya. Bisa dibilang keluarga mereka bukan keluarga yang harmonis.


Hemmm,, kok tiba2 berasa mampet ya, bingung mau menuliskan ceritanya. Yang jelas ada beberapa hikmah yang bisa dipetik dari kisah dalam film ini, antara lain sebagai berikut:
  1. Hargai potensi anak
  2. Hargai keinginan anak dan diarahkan ke hal-hal yang baik
  3. Jangan hanya bisa menyalahkan anak, tapi harus diarahkan
  4. Jangan berlaku kasar terhadap anak
  5. Berilah kesempatan anak untuk berbicara, jangan mendominasi percakapan
  6. Perlunya komunikasi yang baik antara orang tua dan anak
  7. Sempatkan menjawab pertanyaan-pertanyaan anak, agar si anak gak salah pengertian, *sepertinya agak berat karena terkadang sulit untuk menjawab dengan tepat pertanyaan2 anak2 agar bisa secara tepat diterima oleh akal mereka
  8. Jangan bertengkar dan saling menyalahkan di depan anak
  9. Jangan segan untuk melontarkan pujian atau memberikan hadiah ke anak ketika mereka melakukan hal yang benar atau prestasi meskipun itu kecil atau sepele
  10. Sempatkanlah untuk menghadiri acara anak di sekolahnya
  11. dll, mungkin ada yang kelewat,, hhehe

Yang jelas, film ini sangat saya rekomendasikan untuk ditonton oleh para pembaca sekalian... ^_______^

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Enterprise Project Management